Kamis, 30 September 2010

MANAJEMEN OPERASIONAL “MJO” ( Produk & Operasi )

MANAJEMEN OPERASIONAL “MJO” ( Produk & Operasi )

Critical point 1 :
• Manajemen
• Produksi
• Operasi
• Manajemen operasional

Manajemen adalah ilmu dan seni yang dilakukan melalui kegiatan / proses dengan memanfaatkan sumber daya ( resources ) secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan.
Produksi adalah proses pemanfaatan resources untuk menciptakan barang / jasa bagi tujuan bersama.
Operasi merupakan tahapan – tahapan.
Manajemen operasional adalah ilmu dan seni yang mengatur proses / kegiatan dengan memanfaatkan resources untuk menghasilkan barang / jasa dengan melalui tahapan – tahapan untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien.

”Manajemen operasi” sering pula disebut sebagai ”Manajemen Operasional” atau ”Manajemen Produksi dan Operasi”, bertujuan mengatur penggunaan resources ( faktor – faktor produksi ) yang ada baik berupa bahan, tenaga kerja, mesin – mesin, dan perlengkapan sedemikian rupa sehingga proses produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Critical point 2 : Macam – macam pengambilan keputusan
• Keputusan dalam keadaan ada kepastian
• Keputusan dalam keadaan tidak ada kepastian
• Keputusan dalam keadaan ada resiko

Keputusan merupakan suatu tindakan atau hasil akhir dari pemikiran.

Critical point 3 : Tanggung jawab keputusan dalam manajemen operasional
• Proses
• Kapasitas
• Persediaan
• Tenaga kerja
• Kualitas

Proses merupakan cara pencapaian yang dilaksanakan dalam manajemen operasional harus meliputi form utility (kegunaan bentuk), place utility (kegunaan tempat), time utility (kegunaan waktu), dan pocession utility (kegunaan milik).
Kapasitas merupakan kegunaan pemanfaatan / pengelolaan dari faktor – faktor produksi ( resources ) haruslah didasarkan pada kesempatan – kesempatan yang ada.
Persediaan merupakan aspek – aspek yang harus diperhatikan dalam manajemen opersional agar ketersediaan resources dapat dimanfaatkan dengan baik.
Tenaga kerja dibutuhkan untuk melakukan proses transformasi dari bahan menjadi barang jadi yang dikehendaki oleh perusahaan.
Kualitas merupakan hasil pencapaian akhir, semakin baik kualitas barang / jasa maka akan membawa manfaat bagi konsumen dan timbul rasa kepuasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar