Minggu, 19 Desember 2010

Contoh Sebagian Material Handling Swalayan

material handling pada swalayan.

Turbine Ventilator berfungsi : • Mengeluarkan UDARA PANAS • Mengurangi KELEMBABAN • Menghilangkan BAU TIDAK SEDAP • Menghilangkan DEBU dan ASAP untuk menciptakan ruangan yang lebih sejuk, nyaman, bersih dan sehat pada swalayan.

ifttable berfungsi untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya, dan juga berguna untuk meja kerja yang dapat disesuaikan tinggi rendahnya.
Lift Table berfungsi untuk mengangkat barang-barang industri dan pergudangan.

Castor wheel dipakai untuk membantu efektifitas proses produksi pada kegiatan industri dan pergudangan. Juda digunakan untuk trolley-trolley yang terdapat pada Rumah Sakit, Supermarket, hotel-hotel dan lain

Price Checker
Jika kita melihat di supermarket besar seperti Giant atau Hypermart ada suatu alat yg berfungsi ut cek harga/price checker.
Price Checker Giant

Price Checker Giant

Dengan alat Price Checker pengunjung bisa melakukan cek harga terhadap barang/item yg akan dibeli. Jadi selain bermanfaat ut memberikan informasi kepada pelanggan juga memberi fungsi controlling, jika terdapat selisih/ketidak cocokkan harga antara harga di rak dgn harga di price checker maka pelanggan berhak komplain ke pihak supermarket,karena harga di price checker adalah harga barang yg berlaku di mesin kasir.
Kadang petugas kasir direpotkan oleh pelanggan yg sekedar menanyakan harga barang,mau tak mau kasir tsb melakukan cek harga/transaksi lalu retur ut cek harga barang.

Jika pemilik supermarket mau invest ut mesin price checker maka kerepotan kasir dapat terkurangi dan waktu ut cek harga tadi bisa dimanfaatkan ut melayani pembeli yg lain.  Ada banyak merk dan tipe alat Price Checker , salah satunya merk Symbol.

Komponen utama price Checker adalah sebuah scanner autoscan dan sebuah pole customer display.Keduanya terhubung ke PC yg terkoneksi dengan SERVER.
Untuk membuat price checker sebenarnya tdk mahal, sediakan saja 1 cpu, monitor 9″/14″ ut display,scanner autoscan. Koneksikan mesin price checker dg server maka pelanggan bisa melakukan cek harga.
untuk menempatkan barang-barang dalam swalayan,
Barcode adalah susunan garis cetak vertikal hitam putih dengan lebar berbeda untuk menyimpan data-data spesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dll sehingga sistem komputer dapat mengidentifikasi dengan mudah, informasi yang dikodekan dalam barcode.

Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Tanpa kita sadari bahwa setiap hari kita apat menemui barcode pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Seperti pada pasta gigi, sabun, pada makanan-makanan ringan, dll.
Barcode dibedakan menjadi 2 jenis barcode :
1. barcode 1 dimensi
barcode 1 dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. warna putih untuk nilai 0 dan warna hitam untuk nilai 1.
2. barcode 2 dimensi
sedangkan barcode 2 dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi seperti gambar. jadi informasi yang tersimpan didalamnya akan lebih besar.
untuk membuat kode barcode dari delphi kita dapat memanfaatkan rave report yang udah include pada delphi versi 7. kita dapat memilih type dari barcode yang akan kita buat. diantaranya barcode untuk produk ritail, buku perpustakaan, anggota berbeda-beda. Kode yang akan kita buat bisa bebas asalkan hanya digunakan pada sistem disuatu tempat seperti perpustakaan, akan tetapi untuk produk yang akan di edarkan dipasaran harus didaftarkan terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain.

Laci uang atau cash drawer berguna untuk menyimpan uang saat terjadi transaksi di toko. Cash drawer dapat diprogram untuk dapat membuka otomatis saat terjadi transaksi pembayaran pada counter kasir. Dewasa ini hampir setiap program kasir sudah dapat support untuk fitur ini.

Untuk cash drawer, pastikan anda memilih jenis laci uang yang terbuat dari bahan metal. Hal ini berdasarkan pengalaman banyak klien kami, umumnya bahan dari metal lebih kuat dari plastik/ABS. Ini juga termasuk penjepit uang kertas yang sebaiknya juga terbuat dari metal. Penjepit uang kertas yang terbuat dari plastik cenderung lebih mudah patah dan rusak, apalagi mengingat pemakaian cash drawer oleh SDM kita.

Troli belanja adalah kereta barang yang dapat kita gunakan untuk menampung barang-barang belanjaan. Dengan demikian, maka kita tidak terbebani saat harus berkeliling di swalayan untuk belanja. Berapapun banyaknya barang belanjaan kita, kita tidak repot sebab troli belanja ini dapat menampungnya.
Sebagai perlengkapan belanja, maka keberadaan troli belanja  benar-benar memudahkan pembeli belanja sesuai kebutuhannya. Mereka tidak perlu repot-repot dibebani barang belanjaan sebab barang-barang tersebut dapat dimuat dalam troli belanja.

Kondisi ini merupakan salah satu alasan banyak orang belanja di swalayan. Mereka butuh kenyamanan. Apalagi jika memperhatikan kondisi swalayan yang resik dan apik, menjadikan mereka semakin kerasan di swalayan.

Palang Parkir, Barrier Gate, Boom Gate
Palang Parkir, Barrier Gate, Boom Gate(Gambar)
Barrier Gate adalah alat bantu kemanan yang berfunsi sebagai sebuah alat pembatas access ke dalam lingkungan perusahaan anda, serta mengatur traffic flow kendaraan di lingkungan property anda.

Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang.Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan. Ini ada kesamaan dengan ink barcode machine maupun barcode machine product lain yang tentunya membantu kerja pegawai yang menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar